Keistimewaan Yogurt yang Perlu Anda Ketahui

blogger templates

Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Informasi Dunia Kesehatan. YOGURT telah banyak dipromosikan sebagai makanan sehat untuk pelengkap nutrisi harian dan pemeliharaan kesehatan, khususnya pencernaan. Dengan demikian, tak heran bila produk fermentasi susu ini memiliki banyak keistimewaan.

"Yogurt secara umum mengandung banyak nutrisi dari susu, sehingga kebaikan susu ada dalam yuogurt. Yogurt sangat mudah dicerna dan memiliki bioavaibilitas (kemampuan zat aktif untuk mencapai usus) tinggi," tutur Dr Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, seorang spesialis gizi klinis.

Selain itu, yogurt juga memiliki sejumlah jenis dan karakteristik, mulai dari komposisi lemak asal susu hingga tipe dan bentuk yogurt. Kini yogurt juga bisa dikonsumsi dalam berbagai rasa dan bentuk kemasan yang bisa menyesuaikan selera dan gaya hidup kita.

Berikut adalah beberapa keistimewaan dan fakta lain seputar yogurt yang perlu Anda ketahui.

Mampu turunkan kolesterol

Ini adalah salah satu manfaat luar biasa dari yogurt, yang baru saja ditemukan oleh peneliti Iran baru-baru ini. Kandungan bakteri baik yang aktif dalam yogurt membantu menjaga pencernaan tetap sehat dengan beberapa peran. Bahkan yogurt juga dikatakan mampu mencegah tifus, radang usus, bahkan kanker usus.

Baik untuk sistem kardiovaskular

Yogurt bisa menurunkan kolesterol berlebih dengan secara tidak langsung menyedot kolesterol untuk menghasilkan cairan empedu (yang bertugas mencerna lemak di usus) dan menghambat penyerapan kolesterol dari makanan. Dengan ini, jantung dan pembuluh darah dapat terjaga dari penumpukan kolesterol yang sebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.

Makanan baik untuk penderita alergi susu

Bila kita terlalu lama tidak mengonsumsi susu, ada kemungkinan kita untuk menderita intoleransi laktosa atau gula susu dan kekurangan kalsium. Yogurt bisa menjadi solusi mendapatkan nutrisi susu, seperti kalsium dan asam amino esensial.

"Yogurt aman karena laktosa sudah dipecah menjadi gula sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa . Jadi langsung dapat mudah diserap usus," jelas dr Marya. Dengan ini, kebaikan susu akan tetap bisa dinikmati penderita alergi susu.

Mengandung bakteri sehat untuk pencernaan

Kebaikan yogurt untuk pencernaan terletak pada zat aktif berupa bakteri baik yang didapat setelah proses fermentasi susu segar. Asam laktat seperti Lactobacillus bulgaris dan Streptococcus thermophilus.

Selain itu, produk yogurt juga biasa ditambahkan beragam probiotik dan prebiotik (makanan untuk bakteri baik). "Baik probiotik maupun prebiotik akan menyeimbangkan mikroflora dalam usus untuk menguatkan fungsi saluran cerna dan melawan paogen dalam usus," tambah dr Marya.

Baik untuk kulit

"Dari luar, yogurt bermanfaat untuk kulit dan rambut. Itulah mengapa sekarang ini banyak kita temukan produk perawatan kulit dari bahan yogurt," kata dr Marya. Yogurt dapat dijadikan pelembab kulit alami, bahan pengelupasan kulit alami dan antibakteri, sehingga baik untuk membersihkan sel kulit mati.

"Bahkan dikatakan yogurt bisa membantu meregenerasi kulit karena kandungan moisturizer dan kandungan mineral zink," tambahnya.

Sumber

0 Response to "Keistimewaan Yogurt yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar